07.24
0
Sahabat,

Pernahkah kalian lihat, banyak infrastruktur jalan yang dibangunnya mendekati akhir tahun? Yang jelas-jelas adalah waktunya hujan untuk turun di muka bumi Indonesia ini.

Kayanya sebagian dari kita pasti kepikiran deh, ini kenapa DPU, jasa marga ataupun perusahaan lainnya, kompak banget kalau memasuki musim hujan tetap aja pembangunan infrastruktur jalan masih dilakukan.

Kenapa mereka tidak mendesign sedemikian rupa supaya kegiatan bongkar-pasang mereka dilakukan hanya di musim kemarau saja, dan selesai atau reses di musim hujan. Kalau ini mereka lakukan, penderitaan para pengguna jalan saat musim hujan pasti akan jauh berkurang.

Saya pernah dengar alasan dari para pejabat perusahaan tersebut, bahwa mereka harus menghabiskan budget sebelum tahun berakhir. Sebuah alasan yang kurang intelek kayanya. Dari mata awam saya terlihat sepertinya keahlian project management masih harus diperbaiki.

Di perusahaan kami, tahun fiskal dimulai pada bulan April dan berakhir di bulan Maret tahun berikutnya. Jika sistem tahun fiskal pada perusahaan kami diterapkan di bidang-bidang yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, sepertinya kita bisa sedikit mengatasi masalah penghabisan budget di akhir tahun fiskal, setidaknya dari sisi kita si pengguna jalan. Hal ini bisa terjadi karena ketika mereka beramai-ramai menghabiskan budget sebelum akhir tahun fiskal, curah hujan sepertinya sudah berkurang. Atau kalau hal ini belum cukup gimana kalau digeser sedikit satu bulan...

Hanya usul saja....

0 komentar:

Posting Komentar