23.18
0
Saat kondisi terdesak, seseorang akan menunjukkan perilaku aslinya.
Saat kondisi terpaksa, seseorang akan terlihat "value" dasar yang ada dalam pikiran bawah sadarnya.

Kondisi terdesak dan terpaksa ini bisa kondisikan dengan salah satunya lewat sebuah training.
Pekan lalu, kami mengadakan pelatihan untuk suatu divisi di perusahaan kami untuk para anggota-anggotanya yang ditempatkan di cabang-cabang di seluruh Indonesia.

Pelatihannya sederhana, kami tak mengajar mereka, tapi kami hanya memberikan sedikit petunjuk ke peserta untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu namun kami hanya membekali mereka dengan uang 100ribu. segala harta benda mereka untuk sementara kami sita.

Dengan modal tersebut, mereka harus mencapai beberapa lokasi dan kembali harus membawa uang 300ribu dalam waktu sekitar 3 jam saja. Tak batasan kegiatan apa yang harus mereka lakukan, asalkan tidak berlawanan dengan segala hukum yang ada dan keetisan setempat mereka bebas melakukan apa saja.

Reaksi peserta ya beraneka rupa, tapi hasil akhirnya bisa ditebak.
Mereka yang bisa dengan cepat menguasai diri dengan keadaan ini untuk kemudian melakukan tindakan-tindakan yang sesuai, pasti akan cepat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan hal yang sebaliknya untuk mereka yang merespon dengan cara yang berlawanan dari sikap di atas.

Seperti banyak disebut & dituliskan di banyak tempat, tingkat kemampuan beradaptasi seseorang menentukan keberhasilannya. Dengan kemampuan adaptasi yang baik, kompetensi yang dimiliki oleh seseorang bisa lebih dioptimalkan lagi.

Adaptasi di sini saya artikan bisa dengan cepat menyadari perubahan yang terjadi, lalu melakukan aksi-aksi yang efektif untuk mengendarai perubahan tersebut agar mengarah ke hal-hal yang positif bagi kita dan lingkungan kita, serta kembali siap dengan perubahan berikutnya yang pasti akan datang.

Jadi buat rekan, teman, sahabat, saudara, yang ingin berhasil di bidangnya masing-masing, mari kita tingkatkan kemampuan adaptasi untuk menghadapi perubahan yang setiap detiknya selalu terjadi.

Semoga bermanfaat.
Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar