21.23
0

"Tidaklah Tuhan menciptakan sesuatu dengan sia-sia."

Sahabat pasti tahu dong, kalau pupuk kandang itu bahan bakunya apa. Terus biogas yang lagi ngetrend itu bahan bakunya apa?

Kedua hal itu bahan bakunya adalah 'ee'-nya hewan ataupun manusia (kalau mau).

Artinya benda se***** itu, tenyata masih banyak kegunaannya, masih bisa bermanfaat untuk hal lain, sangat bermanfaat malah.

Di Kompas hari ini, 2 Maret 2012, LIPI sedang mempromosikan peralatan "PLTB", Pembangkit Listrik Tenaga Biogas. Dengan modal sekitar 10juta, kita bisa mendapatkan listrik sebesar sekitar 1000 Watt (dengan syarat & ketentuan berlaku tentunya).

Opsinya bisa 2, kita pelihara paling tidak 3 ekor sapi lalu beri makan sesuai standard gizi sapi yang cukup atau kita loby 50 tetangga kita agar mau menyalurkan aliran jambannya ke tempat kita. Pasang alat dari LIPI ini, dan sim salabim, sebuah paket PLTB dengan kapasitas 1000 Watt bisa kita dapatkan.

Pelajarannya adalah tentu saja seperti baris kedua di atas, tak ada yang sia-sia di dunia ini, dan itu sudah jadi hukum alam yang berlaku.
Jangan sampai kita, manusia yang derajatnya jauhhhhh lebih tinggi dari kotoran, menyia-nyiakan hukum alam ini dan tidak memberikan manfaat ke lingkungan kita.
Kita yang dianugerahi berbagai macam sumber daya & kelebihan sudah seharusnyalah bisa jauhhhhhh lebih berguna dari kotoran ini.

Wassalam...

0 komentar:

Posting Komentar