07.28
0
Di salah satu materi training yang sering kami bawakan, ada materi yang membicarakan tentang "Pelaporan".

Sesuatu hal yang merupakan salah satu kewajiban seorang karyawan apapun posisi mereka. Seorang karyawan dengan level terendahpun pasti harus melakukan pelaporan, apalagi karyawan yang lebih tinggi, sampai Presiden direktur-pun wajib untuk melakukan pelaporan.

Dalam salah satu azas tindakan diperusahaan kami, ada satu pasal yang membicarakan tentang pentingnya pelaporan. Di pasal itu, disebutkan bahwa tidak melaporkan kemajuan kerja itu lebih buruk dibanding tidak melakukan kerjaan itu. Dan hal ini memang betul. Setidaknya kalau pekerjaan itu tidak kita kerjakan namun kita tetap melapor kondisi yang sebenarnya, atasan kita atau mungkin rekan kerja kita yang lain, bisa "membantu" untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.



Ada dua hal dalam pelaporan yang sangat penting, yaitu SEDERHANA dan CEPAT.

Laporan itu harus sesederhana mungkin, agar yang membaca laporan kita bisa segera menyerap informasinya.

Laporan itu juga harus cepat, karena bisa jadi apa yang kita pikir tidak penting, ternyata penting bagi atasan dan harus segera ditindaklanjuti. Jangan sampai terlambat seperti dokter dan wanita di bawah ini.

Setelah tidur karena kecapaian selama 12 jam, seorang wanita bangun dan menyalakan handphone-nya yang habis baterainya saat dia tidur. Setelah aktif, tampak satu pengingat tentang jadwalnya hari ini yang harus bertemu dengan dokter.

Setelah bertemu dokter, dokter itu mengatakan, "Berdasarkan pemeriksaan dan uji lab Anda kemarin, saya mempunyai berita buruk dan berita sangat buruk untuk Anda."

Wanita itu menjawab, "Saya siap Dok, berikan berita buruk terlebih dahulu."

Lalu sang dokter berkata, "Berita buruknya adalah Anda memiliki kanker hati stadium akhir. Anda hanya mempunyai waktu 24 jam untuk hidup."

Dengan terkejut wanita itu menjawab, "Apa!? 24 jam? Tidak mungkin Dok! Itu sudah merupakan berita sangat buruk untuk saya, berita apa yang lebih buruk lagi dari hal ini?"

Dengan berusaha tenang dokter itu menjawab, "Saya sudah mencoba memberitahukan hal ini sejak kemarin, sayangnya HP anda tidak aktif."

Apaaaa????

Jadi lakukanlah pelaporan dengan SEDERHANA dan CEPAT.

Wassalam...

0 komentar:

Posting Komentar